TAE-KEUK-KI, Bendera Nasional Korea

KOREA SELATAN

Republik Korea memproklamasi kemerdekaannya pada tanggal 15 Agustus 1945. Pada setiap tanggal tersebut, dan hari-hari nasional lainnya, di setiap pelosok berkibar “TAE-KEUK-KI” yaitu bendera nasional Korea. Dalam bahasa Korea “ki” berarti bendera. Bendera ini melambangkan pikiran bangsa Korea, filsafat bangsa korea, dan mistik dari dunia Timur.

TAE-KEUK-KI mengandung bermacam-macam arti. Pada bagian tengah terdapat lingkaran yang mengandung arti semangat kesatuan rakyat Korea. Lingkaran itu terbagi sama dan berada dalam keseimbangan yang sempurna. Bagian atas berwarna merah, melambangkan “Yang” dan bagian bawah yang berwarna bir, melambangkan “Eum”. Kedua hal yang berlawanan ini menunjukan dualism alam semesta, seperti halnya dengan keadaan gelap dan terang, api dan air,pria dan wanita, panas dan dingin,kuat dan lemah, dan seterusnya. Filsafat yang terkandung dalam ”Tae-kuk”, memperlihatkan bahwa di dunia ini terdapatkeseimbangan dan keserasian disamping adanya gerakan yang terus-menerus tanpa mengenal batas. Sejalan dengan pikiran ini, maka lingkaran yang terbagi dua dalam bendera nasional tersebut diartikan dengan “langit” dan “bumi”.

Pada tiap-tiap sudut “Tae-kuk” terdapat tiga buah garis. Garis-garis ini pun menunjukan pemikiran tentang pertentangan dan keseimbangan. Tiga baris utuh yang terdapat pada bagian atas sebelah kiri melambangkan langit, dan tiga baris putus yang terdapat pada bagian bawah sebelah kanan melambangkan bumi. Selanjutnya, pada bagian kiri sudut bawah bendera terdapat dua garis yang putus ditengah. Garis-garis itu melambangkan api sedangkan garis-garis yang bertentangan melambangkan air. Dari penjabaran lambing-lambang tersebut kita dapa mengetaui bahwa keempat unsur, yaitu langit, bumi, api dan air dianggap merupakan unsur-unsur yang terpenting dalam kehidupan setiap manusia.

Dari catatan sejarah Korea, perlunya bendera nasional untuk pertama kali dicetuskan pada tahun 1876, ketika masa Pemerintahan Raja Go-Jong dari Dinasti Yi. Perencanaan tersebut dilaksanakan oleh Park Young-Hyo, seorang duta luar biasa pada saat itu. Pada bulan Agustus 1882, dalam perjalanannya di atas kapal laut menuju Jepang, beliau telah membuat bendera nasional “Tae-keuk-ki”. Bendera Tae-keuk-ki untuk pertama kali dipasang di Kobe, Jepang pada tanggal 14 Agustus 1882, setelah misi diplomat Park Young-Hyo mendarat di Jepang.Pemerintah Republik Korea secara resmi menetapkan “Tae-keuk-ki” sebagai bendera nasional pada tahun 1948.

[diambil dari buku berjudul “Mengenal Kebudayaan Korea 1” Penerbit Nam Yang Sa Seoul, 1988]

Tinggalkan komentar